Tuesday, December 6, 2011

MICROSOFT WORD 2007

Seperti versi sebelumnya, Microsoft word 2007 juga terinstal dalam satu paket microsoft Office 2007. Jika anda sudah menginstalnya, untuk menjalankan program tersebut cukup dengan mengklik Start → All Programs → Microsoft Office → Microsoft Office Word 2007.

Anda sudah bisa lansung bekerja dengan Ms. Word 2007.


Catatan: Layar Anda mungkin tidak akan terlihat sama persis seperti layar ditampilkan. Pada Word 2007, tampilan jendela tergantung pada ukuran jendela Anda, ukuran monitor anda, dan resolusi yang diatur monitor anda. Resolusi menentukan seberapa banyak informasi monitor komputer Anda dapat menampilkan. Jika Anda menggunakan resolusi yang rendah, informasi yang lebih sedikit muncul di layar, tetapi ukuran teks dan gambar yang lebih besar. Jika Anda menggunakan resolusi tinggi, lelbih banyak informasi yang muncul di layar Anda, tetapi ukuran teks dan gambar yang lebih kecil. Selain itu, Word 2007, Windows Vista, dan Windows XP memiliki pengaturan yang memungkinkan Anda untuk mengubah warna dan gaya dari jendela Anda.

Tombol Microsoft Office
Di sudut kiri atas jendela Word 2007 adalah tombol Microsoft Office. Ketika Anda mengklik tombol, menu muncul. Anda dapat menggunakan menu untuk membuat file baru, membuka file yang sudah ada, menyimpan file, dan melakukan tugas-tugas lainnya.


Toolbar Akses Cepat
Sebelah tombol Microsoft Office adalah toolbar Akses Cepat toolbar. Akses Cepat toolbar memberikan Anda akses ke perintah paling sering Anda gunakan. Secara default Save, Undo, Redo dan muncul di toolbar Akses Cepat. Anda dapat menggunakan Simpan untuk menyimpan file Anda, Undo untuk melakukan rollback tindakan telah diambil, dan Redo melakukan kembali tindakan Anda telah dibatalkan.

Title Bar
Disebelah toolbar Quick Access adalah Title bar. Judul bar menampilkan judul dokumen di mana Anda saat ini bekerja. Word memberi nama dokumen baru pertama kali Anda buat dengan nama Document1. Ketika Anda membuka dokumen baru nomor bertambah secara berurutan. Bila Anda menyimpan dokumen Anda, Anda harus menetapkan nama dokumen baru.


Ribbon
Anda menggunakan perintah untuk memberitahu Microsoft Word apa yang harus dilakukan. Dalam Microsoft Word 2007, Anda menggunakan Ribbon untuk mengeluarkan perintah. Ribbon terletak di bagian atas layar, di bawah toolbar Akses Cepat. Di bagian atas Ribbon adalah beberapa tab, klik tab menampilkan beberapa kelompok perintah yang terkait. Within each group are related command buttons. Dalam setiap kelompok terdapat tombol perintah yang terkait. Anda klik tombol untuk mengeluarkan perintah atau untuk mengakses menu dan kotak dialog. Anda juga dapat menemukan sebuah peluncur kotak dialog di pojok kanan bawah kelompok. Mengklik kotak dialog launcher memberikan Anda akses ke perintah tambahan melalui kotak dialog.
Penggaris
Penggaris ini dapat ditemukan di bawah Ribbon.
Anda dapat menggunakan penggaris untuk mengubah format dokumen Anda dengan cepat. Jika penggaris Anda tidak terlihat, ikuti langkah-langkah yang tercantum di sini:
  1. Klik tab View untuk memilihnya.
  2. Klik kotak centang di sebelah yang di Tampilkan / Sembunyikan grup. Penggaris muncul di bawah Ribbon.
Area Teks
Hanya di bawah penggaris merupakan daerah besar yang disebut area teks. Anda mengetik dokumen Anda di area teks. Garis vertikal berkedip di sudut kiri atas area teks disebut kursor. Kursor ini menandai titik penyisipan. Saat Anda mengetik, menampilkan teks pada lokasi kursor. Garis horizontal di sebelah kursor menandai akhir dokumen.

Scroll Bars Vertikal dan Horisontal
Scroll bar vertikal dan horizontal memungkinkan Anda untuk bergerak ke atas, bawah, dan di jendela Anda cukup dengan menyeret ikon yang terletak pada panel scroll. Scroll bar vertikal terletak di sepanjang sisi kanan layar. Scroll bar horizontal terletak tepat di atas status bar. Untuk bergerak ke atas dan ke bawah dokumen Anda, klik dan tarik scroll bar vertikal ke atas dan bawah. Untuk bergerak maju mundur di dokumen Anda, klik dan tarik scroll bar horisontal bolak-balik. Anda tidak akan melihat bar scroll horisontal jika lebar dokumen Anda sesuai pada layar Anda.

Status Bar
Status bar akan muncul di bagian paling bawah jendela Anda dan memberikan informasi seperti halaman saat ini dan jumlah kata dalam dokumen Anda. Anda dapat mengubah apa yang terlihat pada Status bar dengan mengklik kanan pada panel Status dan memilih opsi yang Anda inginkan dari menu Customize Status Bar. Anda klik menu sebuah item untuk memilihnya. Anda klik sekali lagi untuk membatalkan pilihan itu. Tanda centang di sebelah item berarti dipilih.

Memahami Tampilan Dokumen
Di Word 2007, Anda dapat menampilkan dokumen dalam salah satu dari lima kali dilihat: Draft, Web Layout, Print Layout, Full Screen Reading, atau Layout Online.
Draft
Draft melihat adalah tampilan yang paling sering digunakan. Anda menggunakan tampilan Draft dengan cepat mengedit dokumen Anda.
Web Layout
Tampilan Web Layout memungkinkan Anda untuk melihat dokumen Anda karena akan muncul dalam browser seperti Internet Explorer.
Print Layout
The Print Layout menunjukkan dokumen sebagai yang akan tampak bila dicetak.
Reading Layout
Reading Layout membuat membaca dokumen Anda menjadi lebih nyaman.
Outline View
Outline view menampilkan melihat garis besar dokumen dalam bentuk outline. Anda dapat menampilkan judul tanpa teks. Jika Anda memindahkan heading, teks yang bersesuaikan akan bergerak juga.

Anda harus menggunakan tampilan Draft untuk pelajaran ini. Sebelum bergerak ke depan, pastikan anda di Draft View:
  1. Klik tab View.
  2. Klik Draft dalam kelompok Views Dokumen. Ketika pilihan Draft dipilih muncul dalam warna kontras.
Klik
Selama pelajaran berikutnya, Anda akan diminta untuk " klik" item dan memilih tab. Ketika diminta untuk klik:
  1. Arahkan pointer mouse ke item tersebut.
  2. Tekan tombol kiri mouse sekali saja.
Jika Anda diminta untuk klik dua kali item:
  1. Arahkan ke item tersebut.
  2. Dengan cepat tekan tombol mouse kiri dua kali.
Jika Anda diminta untuk klik kanan:
  1. Arahkan ke item tersebut.
  2. Tekan tombol mouse sebelah kanan Anda.
Jika Anda diminta untuk memilih tab, klik tab -nya.

Memahami Karakter Nonprinting
Karakter tertentu, yang disebut nonprinting caharacters, tidak dicetak dan tidak akan muncul dalam dokumen yang Anda cetak tetapi mempengaruhi layout dokumen Anda. Anda dapat memilih untuk melihat karakter pada layar saat Anda mengetik atau Anda dapat memilih untuk memiliki mereka tetap tidak terlihat. Untuk pelajaran ini, kita memilih untuk melihat mereka pada layar. 

Tabel ini menggambarkan sebagian besar dari mereka: 
Karakter
Menunjukkan
->
Sebuah tab
. .
Sebuah spasi
¶ ¶
Akhir paragraf
..
Teks tersembunyi
Untuk melihat nonprinting karakter:
  1. Pilih tab Home.
  2. Klik Tampilkan / Sembunyikan tombol pada kelompok Paragraph. Tampilkan / Sembunyikan tombol muncul dalam warna kontras, ketika ia dipilih.
Membuat Contoh Teks Data dan Pilih Teks
Jika Anda ketik = rand () dalam dokumen Word Anda, kemudian tekan Enter, Word menciptakan tiga paragraf. Anda dapat menggunakan paragraf ini untuk mempraktekkan apa yang Anda pelajari. Selama pelajaran ini, Anda akan diminta untuk memilih teks. Latihan berikut ini mengajarkan Anda bagaimana untuk membuat data dan bagaimana untuk memilih data. Anda dapat memilih dengan menggunakan tombol panah atau dengan mengklik dan menyeret. Bila menggunakan tombol panah, menggunakan panah atas untuk bergerak ke atas, panah bawah untuk beralih ke bawah, panah kiri untuk bergerak ke kiri, dan panah kanan untuk bergerak kanan. Ketika menggunakan mouse, tekan tombol kiri mouse dan kemudian tarik ke arah yang Anda ingin pindah.

No comments:

Post a Comment