Friday, August 5, 2011

Protokol Jaringan Komputer

1. Pengertian Protokol Jaringan
Protokol Jaringan adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya. Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras. Protocol digunakan untuk menentukan jenis layanan yang akan dilakukan pada internet.

2. Beberapa gambaran Protokol Jaringan utama:  

a. SPX/IPX ( Sequenced Packet Exchange / Internetwork Package Exchange )
Novell membuat SPX/IPX sebagai bagian dari sistem operasi netware. Hampir sama dgn TCP SPX menjamin bahwa pesan yg masuk sampai dgn lengkap tetapi menggunakan protokol IPX Netware sebagai mekanisme pengirimannya. Seperti IP IPX menangani rute paket yg melewati jaringan . Tidak seperti IP IPX menggunakan 80 bit utk alamat dgn 32 bit bagian alamat jaringan dan 48 bit bagian alamat host( hal ini lbh besar dibandingkan dgn yg digunakan pada IP yaitu 32 bit ) IPX tak menangani paket fragmentasi . Bagaimanapun juga salah satu yg terbaik dari IPX adl pemberian alamat host yg otomatis. Pemakai dapat memindahkan lokasi jaringan ke tempat yg lain dan melanjutkan pekerjaan dgn mudah dgn menyambungkan lagi ke jaringan . Ini sangat penting sekali utk pemakai yg sering berpindah – pindah. Sampai netware 5.0 SPX/IPX adl protokol yg digunakan tetapi utk menggambarkan betapa penting internet Netware 5.0 mengangkat TCP/IP sebagai protokol yg digunakan .

b. AppleTalk
Ini adalah rute skema protokol utk apple yg diperkenalkan tahun 1985 dapat mendukung metode akses percakapan milik apple sebaik ethernet dari token ring. Pengantur jaringan Appletalk dan metode akses percakapan lokasl bersama di bangun MacIntoshs dan Laserwrites.


c. NetBIOS (Network Basic Input Output System )
Protokol jaringan dikembangkan pada tahun 1984 oleh IBM dan Sytek sebagai aplikasi standard komunikasi utk PC. Pada awal NetBIOS dan NetBEUI (NetBIOS dgn pengembangan tampilan pemakai) telah mempertimbangkan satu protokol . Kemudian NetBIOS banyak digunakan sejak digunakan bersama protokol NetBEUITCP/IP dan SPX/IPX. NetBEUI adl protokol jaringan yg kecil cepat dan efisien yg disalurkan bersama produk jaringan microsoft . Bagaimanapun ini bukan rute skema jadi konfigurasi khusus dgn menggunakan Net BEUI utk komunikasi bersama sebuah Lan dan TCP/IP melebihi LAN.

d. TCP/IP ( Transmission Control Protocol / Internet Protocol )
Ini adalah protokol standard komunikasi dalam internet sekumpulan jaringan komputer di seluruh dunia. TCP memiliki tanggung jawab utk memeriksa pengiriman data yg benar dari client ke server. IP menyediakan mekanisme routing berdasarkan pada empat byte alamat tujuan ( alamat IP ). Bagian depan dari alamat IP menunjukan bagian jaringan dari alamat dan bagian belakang menunjukan bagian host dari alamat . Batas pemisah jaringan dgn bagian host dari alamat IP tak ditentukan . TCP/IP adl protokol terskema yaitu semua pesan tak hanya berisikan alamat dari pos yg di tuju tetapi juga alamat dari jaringan yg dituju . Hal ini mengijinkan pesan TCP/IP di kirim ke banyak jaringan dalam suatu organisasi atau seluruh dunia.

e. APPC ( Advanced Program to Program Communciation )
Protokol komunikasi tingkat tinggi dari IBM yangmenyediakan sebuah program utk berinteraksi dgn jaringan lain. Ini dapat mendukung client – server dan memperhitungkan pendistribusian dgn menyediakan pemrograman tampilan biasa pada sebuah platform IBM. Ini di dukung perintah utk mengatur pembahasan pengiriman dan penerimaan data dan manajemen transaksi menggunakan dua tahap pelaksanaannya. Perangkat lunak APPC adl salah satu bagian atau yangtersedia secara bebas dalam semua sistem operasi non IBM lainnya. Sejak APPC hanya di dkukung oleh sistem arsitektur jaringan IBM dgn memanfaatkan protokol LU 6.2 utk membahas pendirian APPC dan LU 6.0 sering kali sama.

f. DECnet
Decnet adalah protokol rute skema komunikasi digital DECnet dapat mendukung ethernet tipe LAN dan Baseband dan Broadband WAN meallui saluran pribadi atau publik. Ini terkoneksi dalam PDp VAXPCMac dan Statiun Kerja.

g. WAP ( Wireless Application Protocol )
Standard digunakan pada telepon seluler pager dan alamat lain dgn akses keamanan ke email dan halaman web berbasis text. Diperkenalkan pada tahun 1997dengan menggunakan phone.com ( Unwired Planet) Ericson Motorola dan Nokia WAP yg menyediakan lingkungan yangbaik utk aplikasi tanpa kabel yg tersedia dalam rekan wireless dalam TCP /IP dan kerangka kerja utk persatuan telepon seperti pengontrol panggilan dan akes lihat telepon.

No comments:

Post a Comment