Monday, July 25, 2011

E-Mail

1. Pengertian E-Mail

Surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris “e-mail atau email” (ejaan Indonesila: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet.

2.Kelebihan Penggunaan E-Mail

Nyaman
Untuk mengirim surat tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan. Bahkan sekarang inie-mail bisa dikirim melalui media komunikasi mobile seperti ponsel dan PDA (Personal Assistant Data).
Cepat
Hanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun.
Murah
Biaya pengiriman relatif sangat murah dibandingkan penggunaan telepon atau surat, terutama jika mengirim surat atau interlokal ke luar daerah atau luar negeri.
Hemat sumber daya
Kita tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan biaya.

Global
E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia.
Reliabel
Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus.
Pesan multimedia
Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.


3. Kelemahan Penggunaan  E-Mail

Salah kirim
Bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan.
Rawan penyadapan
Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.

Pemalsuan identitas
Kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya.
Kebanjiran e-mail
Hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
Sampah e-mail
Banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
Respon terlambat
Tidak semua orang membaca e-mail setiap hari sehingga ada
kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.

4. Sejarah E-Mail

Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu Internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan komputer yang terbentuk sebagai jaringan.
Konsep e-mail sendiri pertama kali dikemukan oleh Ray Tomlinson, seorang computer engineer pada akhir tahun 1971. Ray Tomlinson saat itu bekerja pada Bolt, Beranek and Newman (BBN) milik lembaga pertahanan Amerika.
Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah ‘e-mail’. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah “QWERTYUIOP”.
Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ‘ @ ‘ sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti “at” atau “pada”.
Contoh alamat e-mail:
• nunipare : nama kotak surat (mailbox) atau nama pengguna (username) yang ingin dituju dalam mailserver
• yahoo.com: nama mailserver tempat pengguna yang dituju, rinciannya:
• yahoo: subdomain (milik pemegang nama domain), biasanya merujuk ke suatu komputer dalam lingkungan pemilik domain
• com: menunjukkan bahwa domain ini termasuk kategori bisnis/komersial (commercial)
Sebuah alamat e-mail terdiri atas dua bagian seperti contoh di atas, yaitu di sebelah kiri tanda @ disebut user id (paksiman), yang menunjukkan identitas pemilik e-mail tersebut. User id ini dapat berupa nama pemilik, singkatan nama, nickname, nomor, atau apapun juga. Sedangkan teks setelah lambang @ (yahoo.com) disebut domain name/hostname, yang menunjukkan identitas domain tempat e-mail (mail server) tersebut disimpan.
Mulai tahun 1980-an surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi. 

5.Istilah dalam email

Istilah-istilah yang sering digunakan dalam menggunakan e-mail adalah :
1. Sign Up : Mendaftarkan diri (menjadi member)
2. Sign In : Pemilik e-mail dapat masuk ke e-mailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member)
3. Compose : Menulis surat baru
4. Inbox : Surat yang masuk ke pemilik e-mail
5. To : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang dituju
6. CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain
7. BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC
8. Draft : Surat yang ditulis tapi belum dikirim
9. Sent : Surat yang terkirim
10. Spam : Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu
11. Reply : Membalas surat yang diterima
12. Trash : Melihat e-mail yang telah dihapus
13. Bulk : Melihat e-mail yang dicurigai sebagai spam
14. Forward : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain
15. Attachment : Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.

6. Layanan Email Gratis

Berikut ini adalah 10 Layanan Email Gratis yang paling Populer:

10. BigString.com
BigString.com mempunyai memori gratis 2 GB layanan email yang aman dan surat tercatat layanan dan memungkinkan Anda -melindungi sandi dari kadaluarsa atau mengedit pesan yang dikirim, misalnya.
Sayangnya, BigString.com tidak dilengkapi dengan fitur yang baik untuk menangani surat masuk dan tidak memiliki alat pengorganisasian.

9. Yahoo! Mail Classic
Yahoo! Mail Classic sangat nyaman, handal dan aman layanan email dengan penyimpanan tak terbatas. sebuah filter spam yang cukup bagus membuat sampah keluar, dan Anda dapat mengirim email menggunakan Yahoo! Mail editor HTML.

8. Windows Live Hotmail
Windows Live Hotmail adalah layanan email gratis yang memberikan Anda 5 GB (dan terus bertambah) dari penyimpanan online, pencarian cepat, sangat keamanan, akses POP dan sebuah antarmuka yang mudah sebagai desktop program email. Ketika datang untuk mengorganisir mail, Windows Live Hotmail tidak melampaui folder (untuk menyimpan pencarian dan tag, misalnya), maka filter spam bisa lebih efektif, dan IMAP akses ke semua folder online akan menyenangkan.

7. FastMail Guest Account
FastMail merupakan layanan email gratis dengan akses IMAP, fitur yang mudah dan sebuah bintang antarmuka web. Sayang FastMail tidak menawarkan penyaringan spam benar-benar efektif untuk akun gratis, dan lebih banyak ruang penyimpanan untuk semua pengguna.

6. Inbox.com
Inbox.com tidak hanya memberikan Anda 5 GB untuk menyimpan surat Anda , tetapi juga yang sangat cepat dan fungsional untuk mengakses baik melalui web (termasuk pencarian cepat, gratis-bentuk label dan membaca mail dengan percakapan) atau melalui POP dalam program email Anda.
Sayangnya, akses IMAP tidak didukung oleh Inbox.com, dan alat-alat untuk mengorganisir mail dapat diperbaiki dengan selera anda.

5. Gawab.com
Gawab.com sangat, cepat, stabil dan sangat berguna layanan email gratis dengan 10 GB memori, akses POP dan IMAP juga banyak yang berbasis web hore. Sayangnya Gawab.com 's tidak memberikan Anda akses ke label, dan pencarian pesan yang hilang.

4. GMX Mail
"GMX Mail adalah layanan email yang dapat diandalkan, mempunyai perlindungan dari spam dan virus dan penyimpanan sebesar 5 GB . dapat anda gunakan tidak hanya melalui web tetapi juga melalui POP atau IMAP dari desktop program email. Lebih dan lebih pintar cara untuk mengatur mail bisa menyenangkan.

3. AIM Mail
"AIM Mail - Free Email Service" Heinz Tschabitscher. AIM Mail, AOL berbasis latyanan email web gratis, dengan penyimpanan unlimited online storage, perlindungan spam yang sangat baik , mudah digunakan.
sayangnya, AIM Mail tidak memiliki produktivitas yang cukup (tanpa label, folder dan pesan pintar threading), tetapi mempunyai fungsi IMAP (dan juga POP) akses.

2. Yahoo! Mail
Siapa yang tidak kenal dengan Yahoo! Mail dimana program email Anda di web dengan penyimpanan tidak terbatas dan RSS feed berita, SMS texting dan pesan instant. Yahoo! Mail di rancang untuk mudah digunakan dan memliki fitur folder tambhnyan bis di sesuiakan dengan kebuthan anda. Yahoo ! mail jugs mempunyai filter spam dan virus jadi sangat aman. Ada juga fitus sampah untuk menampung email yang anda hapus.

1. Gmail
Gmail (Google Mail) - layana email gratis dari Google. Gmail adalah salah satu produk untuk layanan email, chat dan jaringan sosial. Tempat penyimpanan email dengan kapasitas yang cukup besar. memungkinkan Anda untuk mengumpulkan semua pesan Anda, dan Gmail yang sederhana sangat mudah digunakan memungkinkan Anda menemukan mereka dan melihat mereka dalam konteks tanpa usaha. POP dan kuat membawa akses IMAP Gmail ke email dengan apapun program atau perangkat yang anda gunakan. gmail meletakkan iklan kontekstual di sebelah email yang Anda baca.

40 comments:

fathurrahman said...

1. Listbot yaitu software tertentu yang mengendalikan distribution list atau mailing list.
2. Listserver sama dengan listbot.
3. Subscribe yaitu mendaftarkan email kita sebagai peserta mailing list atau newsgroup.
4. Unsubscribe yaitu memutuskan hubungan dengan sebuah mailing list atau newsgroup.
5. Post yaitu mengirim email ke mailing list atau newsgroup.

Rahmatullah_Syaripuddin said...

Rahmatullah_Syaripuddin

1. Attachment file: yaitu file yang disertakan atau dilampirkan ketika mengirim email.

2. Spam: yaitu email yang tak diinginkan oleh si penerima yang dikirim oleh orang yang tidak kita kenal (biasanya berbau komersil, kadang juga politis).

3. Bounce (pentalan, mental): yaitu pesan yang dikembalikan kepada pengirim, baik karena alamat email penerima tidak benar atau karena sedang ada masalah konfigurasi di sisi penerima.

4. Bot: yaitu software tertentu yang bertindak mewakili orang (dari kata roBOT).

5. Mailbot: yaitu software tertentu yang membalas email secara otomatis.

Rahmatullah_Syaripuddin said...

Rahmatullah_Syaripuddin

6. Bomb-mail: yaitu pengiriman email dalam jumlah yang amat sangat besar/banyak secara sekaligus (biasanya menggunakan program khusus). Dalam dunia internet, perbuatan ini merupakan suatu kejahatan.

7. Flame: yaitu pesan kasar atau tidak sopan.

Rosnani Nasrul said...

Rosnani Nasrul


1. Bouncing : istilah untuk email yang tidak dapat terkirim ke penerimanya dan terpental kembali ke inbox si pengirim. Dengan memperhatikan pesan error yang di kirim balik oleh server ke inbox, Anda dapat mengetahui kenapa email tersebut tidak dapat terkirim.

2. Outbox : folder tempat penampungan sementara/sesaat email pada saat akan di kirim. Jika email telah terkirim maka folder ini akan kosong kembali.

3. Outlook : program mail client yang banyak digunakan saat ini. Ada 2 jenis Outlook yaitu Outlook Express (program standar bawaan Windows yang biasanya sudah ada ketika Anda menginstall Windows) dan Microsoft Outlook (program bawaan dari Microsoft Office).

4. Junk Mail : email sampah, biasanya yang termasuk kategori ini adalah email-email yang bersifat iklan, promosi dan lain sebagainya.

5. Mail Server : server atau sebuah PC yang melayani dan mengatur proses pengiriman dan penerimaan email.

Dahniar baharuddin said...

Dahniar Baharuddin


1. Exchange : server Untuk membuat email server

2. Filters : Penyaring email yang masuk.Seperti email porno, penipuan, promosi

3. Folder : Fartisi tempat penyimpanan email
yang diterima

4. Forward : Melakukan penerusan sebuah email
ke penerima lain

5.Header :Kepala email, berisi informasi
penting mengenai server apa, jam berapa, darimana email itu, dll.

GIRNANURCAHYANI said...

1.SING UP ADALAH MENDAFTARKAN DIRI(MENJADI MEMBER)
2.SING IN ADALAH PEMILIK E-MAIL DAPAT MASUK KE E-MAILNYA SENDIRI APABILA SUDAH TERDAFTAR(MENJADI MEMBER)
3.COMPOSE ADALAH MENULIS SURAT BARU
4.INBOX ADALAH SURAT YANG MASUK KE PEMILIK E-MAIL
5.BCC ADALAH SURAT DIKIRIM KE ALAMAT YANG DITUJU TANPA MEMBERI TAHU PEMILIK ALAMAT YANG TERCANTUM DI ALAMAT CC

Adriyanti Sari said...

Adriyanti Sari

1. Domain merupakan sebuah sistem penamaan dalam dunia internet.

2. IMAP kependekan dari Internet Message Access Protokol merupakan sebuah metode pengaturan email - email yang Anda terima beserta sistem folder - foldernya dimana email tersebut ditampung dalam sebuah server.

3. MTA merupakan istilah untuk seperangkat sistem yang terdiri dari server dan program yang bertugas meneruskan dan menghantarkan pesan email.

4. Sent items merupakan nama dari sebuah folder pada program mail client seperti Outlook dan yang lainnya.

5. Signature merupakan identitas pengirim yang harus selalu dituliskan diakhir pesan email.

Anonymous said...

zainal abidin
1.CC : adalah alamat tembusan, kepada siapa email itu dikirimkan sebagai tembusan dan setiap penerima pada CC, mengetahui kepada siapa saja email ini dikirimkan
2.BCC : adalah kebalikan dari CC, namun tiap penerima email pada BCC satu sama lain tidak mengetahui kepada siapa saja email ini dikirimkan.
3.Incoming : adalah jalur akses terima sebuah email ( POP3, IMAP )
4.Outgoing : adalah jalur akses untuk keluarnya sebuah email ( SMTP )
5.SSL : secure jalur keamanan port, baik smtp maupun pop

zainal abidin said...

zainal abidin
1.CC : adalah alamat tembusan, kepada siapa email itu dikirimkan sebagai tembusan dan setiap penerima pada CC, mengetahui kepada siapa saja email ini dikirimkan
2.BCC : adalah kebalikan dari CC, namun tiap penerima email pada BCC satu sama lain tidak mengetahui kepada siapa saja email ini dikirimkan.
3.Incoming : adalah jalur akses terima sebuah email ( POP3, IMAP )
4.Outgoing : adalah jalur akses untuk keluarnya sebuah email ( SMTP )
5.SSL : secure jalur keamanan port, baik smtp maupun pop
November 2, 2011 5:28 AM

udha biover said...

NURHUDA A.

ISTILAH-ISTILAH DALAM EMAIL

1. Captcha adalah pemeriksaan keamanan untuk menghindari spam otomatis.
2. Vacation messege adalah digunakan untuk menginformasikan kepada
pengirim email bahwa anda sedang tidak bisa membaca email.
3. Web based Email adalah halaman web khusus untuk melayani
anda untuk mengirim dan menerima email. WBE ini Milik yahoo, Gmail dll.
4. Delivery Receipt adalah pengirim menerima info bahwa penerima email telah mendowload email yang dikirim dan telah disimpan di mail
clientnya.
5. Compose sama fungsinya dengan New Mail atau Send yaitu untuk mengirim sebuah mail baru.

Nurjannah Halim said...

Nurjannah Halim

1. Plain Text Mail adalah email yang hanya teks saja

2. POP3 adalah protokol yang digunakan untuk proses penerimaan email

3. Sender adalah si pengirim pesan.

4. Subject adalah nama pesan/judul yang mau dikirim.

5. Date adalah tanggal menerima pesan.

Anonymous said...

RATNASARI
1.Bulk mail; tempat menampung pesan tidak penting ato junkmail.
2.. Draft; email yang ingin dikirim tetapi belum dikirim.
3.. Send mail; email yang telah terkirim.
4.. Size; ukuran besar file pesan tersebut. 5.Trash; penampung email tidak terpakai.

RatnaZhary said...

RATNASARI
1.preview Pane
Halaman yang digunakan untukmembaca email tanpa harus membuka satu halaman baru.
2.Plain-text mail
Email yang hanya teks saja.
3.ExchangE server
Untuk membuat email server.
4.Delivery Receipt
Pengirim menerima info bahwa
penerima email telah mendowload email yang dikirim dan telah disimpan di mail
clientnya.
5.Address book atau contacts
Istilah untuk daftar nama dan
alamat email pada sebuah program email client.

Anonymous said...

satrinhy
1.DELIVERY RECEIPT
Delivery receipt merupakan sebuah fasilitas dalam sistem e-mail yang memungkinkan pengirim e-mail menerima informasi bahwa si penerima e-mail yang ditujunya telah men-download email yang Anda kirim dan telah disimpan dalam program mail client-nya.
2.EXCHANGE SERVER
Exchange server merupakan sebuah nama program buatan Microsoft yang banyak digunakan untuk membuat sebuah e-mail server
3. JUNK MAIL
Junk mail dapat berarti juga e-mail sampah, yaitu email-email yang dianggap tidak perlu bahkan mengganggu oleh si penerimanya.
4. VOCATION MASSAGE

Untuk menginformasikan kepada
pengirim email bahwa anda sedang tidak bisa membaca email
5.MAIL CLIENT
Mail client adalah istilah yang digunakan untuk menyebut sebuah program penarik dan pengirim e-mail yang biasanya harus diinstal dalam PC ya

Herlina said...

Herlina

1. Attachment merupakan fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.

2. POP3 merupakan protokol yang digunakan untuk proses penerimaan email.

3. Outbox merupakan tempat penampungan sementara email yang mau dikirim.

4. Fordward merupakan meneruskan email tersebut kepada alamat email lain tanpa menyertakan email pengirim terdahulu.

5. Sent merupakan surat yang terkirim.

rikadamayanti said...

1.E-mail account merupakan langkah awal yang harus di lakukakan agar dapat menggunakan e-mail.
2.login adalah proses mamasukkan user ID dan password.
3.check mail merupakan jika kita ingin kembali ke daftar e-mail sambil mengecek apakah ada e-mail yang masuk atau tidak.
4.continue to message berfungsi untuk menampilkan halaman isi e-mail yang sudah di tulis.
5.log out adalah proses menutup e-mail account(keluar).

Andi Iqraimah's World said...

Plugin : adalah program khusus yang dapat di tambahkan pada program webbrowser dimana dapat membantu webbrowser untuk dapat menampilkan animasi, program interaksi, 3D object, tertentu dengan baik.
Script : adalah kumpulan perintah yang disusun dalam bahasa komputer tertentu (Java, VisualBasic, CGI/Perl) untuk melakukan sebuah program interaktif atau animasi dalam sebuah webpage.
Search Engine : adalah sebuah program di internet (website tertentu) yang digunakan untuk mencari informasi tertentu yang di perlukan oleh user. Misal : Yahoo, Lycos, Altavista, Excite dan lainnya.
Server : adalah sebuah komputer yang bertugas melayani pembagian serta pengolahan informasi yang diperlukan oleh Client. Server biasanya di kendalikan oleh seorang admin.
Upload : adalah proses pengiriman atau transfer file dari media penyimpanan yang terdapat di komputer Client yang dipakai oleh user ke sebuah situs web di internet.
User : pemakai atau pengguna dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet), program interaksi, atau surat elektronik (e-mail).
Virus : adalah program tersembunyi yang dapat ‘menebeng’ atau ‘membonceng’ pada program lain yang terdapat pada internet, atau pada surat elektronik, yang sangat merugikan user dan admin, dimana program tersebut dapat merusak program lain yang dimiliki oleh user di komputernya, dan juga dapat merusak program interaksi yang terdapat pada situs web yang sedang di maintain oleh admin.
VisualBasic : bahasa komputer yang digunakan untuk membuat program interaktif di dalam sebuah webpage. Dikembangkan oleh perusahaan Microsoft Corp.
Voice-mail : sama seperti halnya dengan e-mail akan tetapi yang dikirimkan bukan berupa teks, melainkan berupa suara.

wiwin said...

# Attachment file yaitu file yang disertakan atau dilampirkan ketika mengirim email.
# Spam yaitu email yang tak diinginkan oleh si penerima yang dikirim oleh orang yang tidak kita kenal (biasanya berbau komersil, kadang juga politis).
# Bounce (pentalan, mental) yaitu pesan yang dikembalikan kepada pengirim, baik karena alamat email penerima tidak benar atau karena sedang ada masalah konfigurasi di sisi penerima.
# Bot yaitu software tertentu yang bertindak mewakili orang (dari kata roBOT).
# Mailbot yaitu software tertentu yang membalas email secara otomatis.
# Listbot yaitu software tertentu yang mengendalikan distribution list atau mailing list.
# Listserver sama dengan listbot.
# Subscribe yaitu mendaftarkan email kita sebagai peserta mailing list atau newsgroup.
# Unsubscribe yaitu memutuskan hubungan dengan sebuah mailing list atau newsgroup.
# Post yaitu mengirim email ke mailing list atau newsgroup.
# Flame yaitu pesan kasar atau tidak sopan.
# Bomb-mail yaitu pengiriman email dalam jumlah yang amat sangat besar/banyak secara sekaligus (biasanya menggunakan program khusus). Dalam dunia internet, perbuatan ini merupakan suatu kejahatan.
# Compose sama fungsinya dengan New Mail atau Send yaitu untuk mengirim sebuah mail baru.

lisfan said...

1. Sign Up : Mendaftarkan diri (menjadi member)
2. Sign In : Pemilik e-mail dapat masuk ke e-mailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member)
3. Compose : Menulis surat baru
4. Inbox : Surat yang masuk ke pemilik e-mail
5. To : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang dituju
6. CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain
7. BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC
8. Draft : Surat yang ditulis tapi belum dikirim
9. Sent : Surat yang terkirim
10. Spam : Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu
11. Reply : Membalas surat yang diterima
12. Trash : Melihat e-mail yang telah dihapus
13. Bulk : Melihat e-mail yang dicurigai sebagai spam
14. Forward : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain
15. Attachment : Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.

dwi wiranto said...

1. Sign Up : Mendaftarkan diri (menjadi member)
2. Sign In : Pemilik e-mail dapat masuk ke e-mailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member)
3. Compose : Menulis surat baru
4. Inbox : Surat yang masuk ke pemilik e-mail
5. To : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang dituju
6. CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain
7. BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC
8. Draft : Surat yang ditulis tapi belum dikirim
9. Sent : Surat yang terkirim
10. Spam : Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu
11. Reply : Membalas surat yang diterima
12. Trash : Melihat e-mail yang telah dihapus
13. Bulk : Melihat e-mail yang dicurigai sebagai spam
14. Forward : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain
15. Attachment : Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.

surya dharma said...

"Spam= berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
"Compose =Menulis surat yang baru"
"Bulk =untuk Melihat e-mail yang dicurigai sebagai spam"
"Reply = Membalas surat yang diterima"
"Bomb-mail = yaitu pengiriman email dalam jumlah yang amat sangat banyak secara sekaligus. perbuatan ini bisa dikatakan suatu kejahatan."

Reswin alfitra (RE-AL) said...

1.Conversion Rate
Jumlah atau persentase orang yang menerima email kemudian tertarik dengan isi email yang kita sampaikan sehingga penerima email akan menghubungi kita. Ini adalah ukuran sukses atau tidaknya kampanye Email Marketing yang kita lakukan. Kita dapan mengukur Conversion Rate dari jumlah penjualan yang di hasilkan, telp yang masuk, janji-janji meeting yang dibuat, dll.
2.Email Blocking
Email blocking adalah istilah yang mendeskripsikan bahwa email kita telah di-block oleh ISP. Email yang di block tidak akan di proses oleh ISP sehingga email tersebut tidak akan pernah terkirim kepada penerima. Block seperti ini dapat terjadi karena ISP menganggap email sebelumnya yang pernah kita kirim adalah spam. Oleh karena itu, ISP menduga, email yang akan kita kirim berikutnya juga berpotensi sebagai Email Spam.
3.Hard bounce/Soft bounce
Hard bounce merupakan istilah untuk email yang gagal dikirim karena sesuatu yang permanen seperti alamat email yang tidak nyata.Soft bounce adalah gagal terkirimnya sebuah email karena alasan yang sementara seperti mail box yang penuh, server yang sedang down, dll.
4.House list (Retention LIst)
Email list yang kita bangun sendiri, sehingga list orang yang emailnya terdapat dalam list tersebut benar benar mengijinkan kita untuk mengirimkan email sesuai dengan persetujuan pemilik email. House list ataupun Retention list merupakan aset yang sangat berharga karena untuk menjual produk atau jasa kepada konsumen lama 7 kali lebih mudah dan murah dari pada menjual produk atau jasa kepada konsumen baru. Pergunakan seluruh kesempatan yang ada untuk memperbanyak list ini dan juga gunakan sebaik-baiknya.
5. POP3
POP merupakan kependekan dari Post Office Protocol, sedangkan angka 3 menunjukkan nomor versinya. POP3 merupakan sebuah protokol yang digunakan untuk proses penerimaan email. Jika ingin menarik e-mail dari ISP atau penyedia jasa e-mail ke komputer Anda, maka Anda harus memasukkan alamat server POP3 milik mereka. Servis POP3 umumnya menggunakan port komunikasi TCP 110.
6.SMTP
Simple Mail Transfer Protocol merupakan kepanjangan dari SMTP. Fungsinya adalah sebagai protokol yang mengatur pengiriman pesan-pesan e-mail. Jika Anda membuat mail server sendiri untuk melakukan pengiriman, pasti Anda harus mengaktifkan servis SMTP dengan nomor port TCP 25 pada server tersebut. Ketika Anda ingin mengirimkan sebuah pesan e-mail, maka kali pertama yang dilakukan program mail client adalah menghubungi server yang membuka servis SMTP. Setelah komunikasi terjalin, pesane-mail langsung diteruskan ke server
tersebut. Kemudian pada server SMTP, pesan e-mail tersebut akan diteruskan ke alamat yang dituju.

Anonymous said...

keren !!!

Anonymous said...

NUrjanna Sabri XI.IPA 2
1.Address,
Address yang arti harafiahnya adalah alamat, pada teknologi e-mail biasanya berarti alamat e- mail yang Anda miliki.
2. Address Book atau Contacts
Address Book atau sering juga disebut Contacts merupakan istilah untuk daftar nama dan alamat e-mail pada sebuah program e-mail client.
3. Bounce E-mail
Bounce e-mail mungkin sering Anda alami pada saat menggunakan e-mail. Bounce e-mail merupakan sebuah istilah untuk e-mail yang tidak berhasil terkirim ke penerimanya dan terpental balik ke mailbox Anda
4. Delivery Receipt
Delivery receipt merupakan sebuah fasilitas dalam sistem e-mail yang memungkinkan pengirim e-mail menerima informasi bahwa si penerima e-mail yang ditujunya telah men-download email yang Anda kirim dan telah disimpan dalam program mail client-nya.
5.Exchange Server
Exchange server merupakan sebuah nama program buatan Microsoft yang banyak digunakan untuk membuat sebuah e-mail server. Dengan menggunakan Exchange server yang berjalan di atas operating system Windows, Anda dapat membuat e-mail server sendiri.

Anonymous said...

Nurhasmi XI.IPA 2
1. Preview Pane
Preview pane biasanya berada dalam program mail client seperti Outlook, Evolution, dan banyak lagi. Preview pane adalah sebuah halaman preview yang digunakan untuk membaca pesan e-mail tanpa harus membuka satu halaman baru. Kebanyakan program mail client memungkinkan Anda untuk menonaktifkan halaman preview pane ini.

2. Signature
Signature atau tanda tangan memiliki arti dan kegunaan yang sama dalam komunikasi e-mail. Signature pada email biasanya berupa identitas pengirim yang harus selalu dituliskan diakhir pesan email. Untuk membuat Anda tidak mengetik berulang-ulang, biasanya disediakanlah fasilitas pembuat signature pada program mail client. Signature dapat dibuat dalam bentuk teks biasa, dalam format HTML atau dalam bentuk file gambar. Setelah signature dibuat, pasangkan pada setiap e-mail yang Anda kirim, maka tidak perlu repot-repot lagi membuatnya pada setiap e-mail.
3. Signature
Signature atau tanda tangan memiliki arti dan kegunaan yang sama dalam komunikasi e-mail. Signature pada email biasanya berupa identitas pengirim yang harus selalu dituliskan diakhir pesan email. Untuk membuat Anda tidak mengetik berulang-ulang, biasanya disediakanlah fasilitas pembuat signature pada program mail client. Signature dapat dibuat dalam bentuk teks biasa, dalam format HTML atau dalam bentuk file gambar. Setelah signature dibuat, pasangkan pada setiap e-mail yang Anda kirim, maka tidak perlu repot-repot lagi membuatnya pada setiap e-mail.

4. Vacation Messege
Pernahkah Anda menerima pesan balasan dari orang yang Anda kirimi e-mail yang menyatakan orang tersebut sedang tidak berada di kantor atau sedang berlibur, atau yang sejenisnya? Jika pernah, maka Anda telah menerima Vacation message dari orang yang Anda kirimi tersebut. Fasilitas ini memang sangat berguna untuk menginformasikan kepada pengirim e-mail bahwa Anda sedang tidak bisa membaca e-mail karena satu dan lain hal. Dengan adanya pesan ini, maka si pengirim tidak perlu menunggu-nunggu balasan e-mail dari si penerimanya.

5. Web-based E-mail
Jika Anda pernah membuka halaman web mail milik Yahoo! atau Gmail, maka tidak salah lagi halaman tersebut merupakan halaman web khusus untuk melayani Anda untuk mengirim dan menerima email. Web-based e-mail ini memudahkan Anda untuk membaca dan mengirim e-mail karena tidak perlu dilakukan di komputer yang menjalankan program mail client. Di manapun asalkan Anda terkoneksi dengan internet, e-mail-e-mail Anda bisa dibaca dan dikirim melalui account e-mail Anda.

6. Mailbox
Istilah Mailbox biasanya digunakan untuk menyatakan sebuah account e-mail dengan kapasitas penampungan tertentu yang dibuat di mail server dari penyedia jasa Internet.

Anonymous said...

Mardiana XI.Ipa.2

1.Headers
Secara harafiahnya headers berarti kepala atau awal. Dalam dunia e-mail, header berarti kepala e-mail. Sebuah email pasti memiliki kepala e-mail yang biasanya berisikan informasi-informasi penting. Informasi mengenai mail server apa yang digunakan untuk mengirim email, jam berapa e-mail tersebut dikirim, dari mana asal e-mail tersebut, melalui server-server apa saja e-mail tersebut berjalan, dan banyak lagi. Semua informasi tersebut dapat dilihat dari header sebuah e-mail. Sangat penting untuk keperluan troubleshooting atau penyidikan.

2.Filters
Merupakan istilah untuk menyaring email- e-mail yang masuk. E-mail yang masuk ke mailbox Anda terkadang perlu untuk disaring agar dapat dibaca dengan lebih nyaman. Biasanya e-mail-e-mail yang disaring adalah e-mail-e-mail sampah seperti e-mail promosi, e-mail porno, e-mail penipuan, dan banyak lagi. Penyaringan ini biasanya dilakukan oleh program mail client, atau jika penyedia jasa memiliki fasilitas tersebut bisa juga filtering dilakukan di jaringan mereka. Tujuannya adalah agar link Internet Anda tidak dipenuhi dengan email- e-mail sampah.

3.MailClient
Mail client adalah istilah yang digunakan untuk menyebut sebuah program penarik dan pengirim e-mail yang biasanya harus diinstal dalam PC yang Anda gunakan. Program mail client ini sangat banyak sekali beredar di pasaran. Ada yang gratis dan ada pula yang mengharuskan Anda membayar untuk dapat memilikinya. Program mail client yang merupakan bawaan dari operating system Windows adalah Outlook Express.

4. Plain-text Mail
Jika Anda menerima e-mail yang hanya berisikan teks dengan satu jenis font saja tanpa ada gambar atau objek laindi dalamnya, kemungkinan besar Anda telah menerima Plain-text mail, istilah untuk e-mail yang hanya berformat teks saja. Kelebihan dari e-mail jenis ini dapat dikirim dan diterima dengan lebih cepat karena berukuran kecil dan sederhana. Kekurangannya adalah
kurang informatif tanpa gambar dan objek lain di dalamnya.

5.Mail Transfer Agent (MTA)
MTA merupakan istilah untuk seperangkat sistem yang terdiri dari server dan program yang bertugas meneruskan atau menghantarkan pesan e-mail. Ketika MTA menerima pesan e-mail dari para penggunanya, pesan tersebut ditampung sementara olehnya untuk dianalisis siapakah penerima dari pesan e-mail ini. MTA akan melakukan dua aksi, menghantarkannya langsung ke mailbox penggunanya (alamat e-mail lokal yang ada dalam server atau jaringan lokal), atau meneruskan ke MTA lain yang menyimpan mailbox dari alamat yang dituju (menjalankan proses routing email).

6. Mail Server
Sesuai dengan namanya, mail server merupakan seperangkat server atau PC dengan program khusus untuk melayani proses pengiriman dan penerimaan email. Server atau PC yang diinstali
program tersebut akan bekerja meneruskan, menarik, menerima, dan mendistribusikan e-mail-e-mail para penggunanya. Tersedia program cukup banyak untuk membuat sebuah mail server. Pada Windows, Microsoft Exchange merupakan program mail server yang banyak digunakan. Di Linux dan sistem open source juga banyak program sejenis, seperti Qmail, Sendmail, dan banyak lagi.

7.Junk Mail
Junk mail dapat berarti juga e-mail sampah, yaitu email-email yang dianggap tidak perlu bahkan mengganggu oleh si penerimanya. Biasanya yang termasuk dalam kategori Junk mail bisa berupa email iklan dan promosi, e-mail penipuan, e-mail nyasar, e-mail notifikasi yang tidak perlu, dan banyak lagi.

Anonymous said...

NUrjanna Sabri XI.IPA 2

1.Address,
Address yang arti harafiahnya adalah alamat, pada teknologi e-mail biasanya berarti alamat e- mail yang Anda miliki.
2. Address Book atau Contacts
Address Book atau sering juga disebut Contacts merupakan istilah untuk daftar nama dan alamat e-mail pada sebuah program e-mail client.
3. Bounce E-mail
Bounce e-mail mungkin sering Anda alami pada saat menggunakan e-mail. Bounce e-mail merupakan sebuah istilah untuk e-mail yang tidak berhasil terkirim ke penerimanya dan terpental balik ke mailbox Anda
4. Delivery Receipt
Delivery receipt merupakan sebuah fasilitas dalam sistem e-mail yang memungkinkan pengirim e-mail menerima informasi bahwa si penerima e-mail yang ditujunya telah men-download email yang Anda kirim dan telah disimpan dalam program mail client-nya.
5.Exchange Server
Exchange server merupakan sebuah nama program buatan Microsoft yang banyak digunakan untuk membuat sebuah e-mail server. Dengan menggunakan Exchange server yang berjalan di atas operating system Windows, Anda dapat membuat e-mail server sendiri.
6.Outlook
Outlook merupakan nama sebuah program mail client yang ada pada operating system Windows. Program Outlook terbagi menjadi dua jenis, Outlook Express yang merupakan programstandar yang langsung ada pada Windows ketika Anda menginstalnya. Satu jenis lagi adalah Microsoft Outlook yang merupakan program bawaan dari Microsoft Office. Outlook merupakan program mail client yang cukup luas digunakan saat ini.

Anonymous said...

Ita Amelia XI.IPA2

.
1. BCC
BCC merupakan kependekan dari Blind Carbon Copy. Istilah ini merupakan sebuah fasilitas dari sistem e-mail yang memungkinkan penggunanya melakukan pengiriman e-mail yang sama ke banyak alamat, namun para penerimanya tidak bisa melihat alamat e-mail yang dituliskan pada kolom BCC ini. Tujuannya adalah untuk menyembunyikan alamat-alamat lain yang juga dikirimi e-mail serupa. Yang dapat melihat alamat pada kolom BCC ini hanyalah si pengirimnya saja.
2. CC
CC merupakan kependekan dari Carbon Copy, yang artinya adalah melakukan pengiriman sebuah e-mail yang sama ke banyak alamat. Berbeda dengan BCC, fasilitas CC ini tidak menyembunyikan alamat e-mail si penerima lainnya, sehingga semua penerima e-mail dapat melihat alamat-alamat e-mail dari penerima lainnya. Fasilitas CC ini tentu sangat memudahkan Anda yang sering mengirim e-mail-e-mail yang sama ke banyak orang. Namun, yang perlu diperhatikan adalah biasanya penyedia jasa e-mail membatasi jumlah alamat e-mail yang dimasukkan ke kolom CC ini.
3. Headers
Secara harafiahnya headers berarti kepala atau awal. Dalam dunia e-mail, header berarti kepala e-mail. Sebuah email pasti memiliki kepala e-mail yang biasanya berisikan informasi-informasi penting. Informasi mengenai mail server apa yang digunakan untuk mengirim email, jam berapa e-mail tersebut dikirim, dari mana asal e-mail tersebut, melalui server-server apa saja e-mail tersebut berjalan, dan banyak lagi. Semua informasi tersebut dapat dilihat dari header sebuah e-mail. Sangat penting untuk keperluan troubleshooting atau penyidikan.
4. HTML email
Jika Anda melihat sebuah e-mail berisikan beberapa gambar dengan teks-teks bervariasi warna dan ukurannya, kemungkinan besar Anda sedang membaca sebuah HTML e-mail. E-mail jenis ini dibuat dalam format dan coding yang sama dengan sebuah halaman web, membuat pembaca e-mail-nya merasa nyaman ketika membaca e-mail tersebut.
5. IMAP
IMAP kependekan dari Internet Messege Access Protocol merupakan sebuah metode pengaturan e-mail-e-mail yang Anda terima beserta sistem folderfoldernya di mana e-mail tersebut ditampung dalam sebuah server.
6. Inbox
Inbox merupakan istilah untuk kotak suratelektronik yang menampung pesan-pesan e-mail yang Anda terima. Folder Inbox ini umumnya ada di semua program e-mail client yang ada saat ini, atau juga dalam webmail-webmail yang umum digunakan.
7. Junk Mail
Junk mail dapat berarti juga e-mail sampah, yaitu email-email yang dianggap tidak perlu bahkan mengganggu oleh si penerimanya. Biasanya yang termasuk dalam kategori Junk mail bisa berupa email iklan dan promosi, e-mail penipuan, e-mail nyasar, e-mail notifikasi yang tidak perlu, dan banyak lagi.
8. Mailbox
Istilah Mailbox biasanya digunakan untuk menyatakan sebuah account e-mail dengan kapasitas penampungan tertentu yang dibuat di mail server dari penyedia jasa Internet.
11. Mail Client
Mail client adalah istilah yang digunakan untuk menyebut sebuah program penarik dan pengirim e-mail yang biasanya harus diinstal dalam PC yang Anda gunakan. Program mail client ini sangat banyak sekali beredar di pasaran. Ada yang gratis dan ada pula yang mengharuskan Anda membayar untuk dapat memilikinya. Program mail client yang merupakan bawaan dari operating system Windows adalah Outlook Express.

muh suryadi .s XI,IPA2 said...

Conversion Rate
Jumlah atau persentase orang yang menerima email kemudian tertarik dengan isi email yang kita sampaikan sehingga penerima email akan menghubungi kita. Ini adalah ukuran sukses atau tidaknya kampanye Email Marketing yang kita lakukan. Kita dapan mengukur Conversion Rate dari jumlah penjualan yang di hasilkan, telp yang masuk, janji-janji meeting yang dibuat, dll.

Email Blocking
Email blocking adalah istilah yang mendeskripsikan bahwa email kita telah di-block oleh ISP. Email yang di block tidak akan di proses oleh ISP sehingga email tersebut tidak akan pernah terkirim kepada penerima. Block seperti ini dapat terjadi karena ISP menganggap email sebelumnya yang pernah kita kirim adalah spam. Oleh karena itu, ISP menduga, email yang akan kita kirim berikutnya juga berpotensi sebagai Email Spam.

Iklan Email Newsletter atau Sponsor
Membeli space iklan pada sebuah Email Newsletter atau menjadi sponsor untuk artikel tertentu merupakan arti langsung dari Iklan Email Newsletter atau Sponsor. Pengiklan akan membayarkan sejumlah uang atau bentuk lain untuk menempatkan iklan mereka pada Email Newsletter yang akan di kirim. Hasil yang diharapkan adalah peningkatan jumlah akses website pengiklan, penjualan produk pengiklan, pemahaman lebih mendalam terhadap produk yang ditawarkan oleh pengiklan dan masih banyak lagi

Hard bounce/Soft bounce
Hard bounce merupakan istilah untuk email yang gagal dikirim karena sesuatu yang permanen seperti alamat email yang tidak nyata.Soft bounce adalah gagal terkirimnya sebuah email karena alasan yang sementara seperti mail box yang penuh, server yang sedang down, dll.

House list (Retention LIst)
Email list yang kita bangun sendiri, sehingga list orang yang emailnya terdapat dalam list tersebut benar benar mengijinkan kita untuk mengirimkan email sesuai dengan persetujuan pemilik email. House list ataupun Retention list merupakan aset yang sangat berharga karena untuk menjual produk atau jasa kepada konsumen lama 7 kali lebih mudah dan murah dari pada menjual produk atau jasa kepada konsumen baru. Pergunakan seluruh kesempatan yang ada untuk memperbanyak list ini dan juga gunakan sebaik-baiknya.

Muh Akbar XI IPA 2 said...

HTML email
Sebuah email yang memiliki format HTML (Hypertext Markup Language). HTML memperbolehkan kita untuk mengubah jenis huruf, warna, memajang gambar, merapikan layout dan masih banyak lagi. Penggunaan HTML dalam email dapat meningkatkan Conversion Rate

Open rate
Open rate merupakan jumlah atau persentase dibukanya semua kampanye email marketing oleh penerima yang berbanding dengan terkirimnya kampanye email marketing tersebut.

Opt-in (Subscribe)
Opt-in atau Subscribe merupakan sebuah tindakan untuk memberikan ijin kepada sebuah perusahaan, website, ataupun perorangan untuk mengirimkan email kepada Anda. Anda biasanya dapat memilih email jenis apa yang dapat dikirim kepada Anda. Dengan begini, hanya email tertentu sesuai dengan keinginan Anda saja yang dapat dikirim oleh pengirim.

Opt-out (Unsubscribe)
Opt-out atau unsubscribe merupakan suatu tindakan untuk menarik kembali ijin yang pernah diberikan. Dengan demikian, pengirim tidak berhak lagi untuk mengirim email kepada penerima.

Privacy policy
Merupakan keterangan secara jelas mengenai semua informasi yang di terima dari user. Keterangan ini berkaitan dengan kerahasiaan data dan juga penggunaan data. Privacy policy sangat penting karena user akan merasa aman jika mengetahui data mereka akan digunakan dan di distribusikan sesuai dengan ijin yang bersangkutan secara aman.

nella sari XI ipa 2 said...

Rental List (Acquisition list)
Merupakan sebuah list yang dapat di sewa ataupun dapat di beli oleh individual, group ataupun perusahaan dengan harga tertentu. Hati hati jika Anda akan menyewa ataupun membeli email list dari orang lain. Pastikan bahwa email yang akan anda beli adalah valid, dan haruskan garansi untuk semua email list yang akan Anda beli. Garansi dapat berupa pengembalian ulang, ataupun punishment lain yang harus di tanggung oleh penjual.
Banyak akibat yang dapat ditimbulkan dari pengiriman email kepada alamat email yang tidak valid seperti Branding anda akan menurut kredibilitasnya bahkan sampai mengakibatkan Email Block

Signature
Biasanya merupakan barisan kalimat penutup dari sebuah email yang berisikan pesan seperti nama pengirim, nama perusahaan, alamat perusahaan, telp, no pin bb, dll.

Spam
Email yang dikirimkan kepada seseorang yang tidak melakukan subscribe terhadap pengirim bisa di identifikasikan sebagai spam. Spam dapat mengakibatkan Email Block

Target (Segmen)
Target atau Segmen merupakan bagian kecil dari House List. Target atau Segmen dapat berupa kumpuilan email yang pernah membuka minimal satu kali email yang kita kirim, ataupun kumpulan list email yang pernah minimal satu kali meng-klik link yang kita sediakan dalam email.

Viral Marketing
Merupakan sebuat tipe marketing dimana konsumen secara sukarela mempromosikan produk atau jasa melalui pengiriman email kepada teman teman konsumen, media sosial, blog, dll. Istilah lain adalah marketing dari mulut ke mulut atau marketing dengan basis rekomendasi dari orang yang sudah di kenal.

Anonymous said...

Azad azis

Attachment

istilah untuk melampirkan
dokumen-dokumen tertentu yang akan dibawa pada saat email itu dikirim

BCC

system email yang memungkinkan
penggunanya melakukan pengiriman email yang sama ke banyak alamat

Bounce email

Email yang tidak terkirim ke
penerimanya dan masuk ke mailbox anda

cc

melakukan pengiriman email yang
sama ke banyak alamat. Beda dengan bcc, cc in tidak menyembunyikan alamat
penerima lainnya.

Delivery Receipt

Pengirim menerima info bahwa
penerima email telah mendowload email yang dikirim dan telah disimpan di mail
clientnya

Anonymous said...

MUH.FAJRIN .A XI IPA 2


1. Address
Address yang arti harafiahnya adalah alamat, pada teknologi e-mail biasanya berarti alamat e- mail yang Anda miliki. Alamat e-mail memiliki format penulisan yang sudah ditetapkan pada standar RFC 822, di mana alamat e-mail diawali dengan nama alias, diikuti dengan tanda “@” (baca et) dan diakhiri dengan penamaan domain yang sudah terdaftar.
Nama alias biasanya adalah nama lengkap Anda yang disingkat, atau nama julukan Anda, atau nama apapun yang Anda suka. Tanda “@” mutlak harus berada antara nama alias dengan nama domain. Sedangkan penamaan domain harus menggunakan nama domain yang sudah terdaftar.

2. Address Book atau Contacts
Address Book atau sering juga disebut Contacts merupakan istilah untuk daftar nama dan alamat e-mail pada sebuah program e-mail client. Kedua istilah ini umum digunakan pada berbagai macam e-mail client. Biasanya isi dari Address Book atau Contacts tidak hanya berupa nama dan alamat e-mail saja, melainkan informasi kontak tambahan seperti alamat kantor, alamat rumah, nomor telepon, dan banyak lagi.



3. Attachment
Attachment dalam bahasa Indonesia berarti lampiran. Dalam sistem e-mail, Attachment merupakan istilah untuk melampirkan dokumen-dokumen tertentu yang akan dibawa serta pada saat e-mail tersebut dikirim. Jadi, e-mail yang dikirim tidak hanya sekadar tulisan saja, melainkan dapat dilampirkan file file tertentu. Ini akan sangat memudahkan Anda dalam mendistribusikan file-file penting ke pihak lain. Jumlah file attachment dalam sekali pengiriman e-mail tidak dibatasi, namun yang biasanya dibatasi adalah ukuran file yang akan dikirim. Jadi sebaiknya, teliti dulu ukuran file attachment yang diperbolehkan untuk dikirim sebelum Anda berkirim e-mail.
4. BCC
BCC merupakan kependekan dari Blind Carbon Copy. Istilah ini merupakan sebuah fasilitas dari sistem e-mail yang memungkinkan penggunanya melakukan pengiriman e-mail yang sama ke banyak alamat, namun para penerimanya tidak bisa melihat alamat e-mail yang dituliskan pada kolom BCC ini. Tujuannya adalah untuk menyembunyikan alamat-alamat lain yang juga dikirimi e-mail serupa. Yang dapat melihat alamat pada kolom BCC ini hanyalah si pengirimnya saja.
5. Bounce E-mail
Bounce e-mail mungkin sering Anda alami pada saat menggunakan e-mail. Bounce e-mail merupakan sebuah istilah untuk e-mail yang tidak berhasil terkirim ke penerimanya dan terpental balik ke mailbox Anda. Biasanya e-mail yang balik ke mailbox Anda disertai dengan pesan pesan pemberitahuan error yang cukup informatif. Pesan error ini berasal dari e-mail server yang paling dekat dengan server di mana alamat e-mail tersebut berada. Dengan meneliti pesan bounce ini, sebenarnya Anda dapat mengetahui penyebabnya mengapa pengiriman email
sampai gagal dilakukan.
6. CC
CC merupakan kependekan dari Carbon Copy, yang artinya adalah melakukan pengiriman sebuah e-mail yang sama ke banyak alamat. Berbeda dengan BCC, fasilitas CC ini tidak menyembunyikan alamat e-mail si penerima lainnya, sehingga semua penerima e-mail dapat melihat alamat-alamat e-mail dari penerima lainnya. Fasilitas CC ini tentu sangat memudahkan Anda yang sering mengirim e-mail-e-mail yang sama ke banyak orang. Namun, yang perlu diperhatikan adalah biasanya penyedia jasa e-mail membatasi jumlah alamat e-mail yang dimasukkan ke kolom CC ini.

Anonymous said...

YUMI KARMILANI IPA.2

Isitah istilah dalam email:

1.HTML email.

Jika Anda melihat sebuah e-mail berisikan beberapa gambar dengan teks-teks bervariasi warna dan ukurannya, kemungkinan besar Anda sedang membaca sebuah HTML e-mail. E-mail jenis ini dibuat dalam format dan coding yang sama dengan sebuah halaman web, membuat pembaca e-mail-nya merasa nyaman ketika membaca e-mail tersebut.

2.IMAP

IMAP kependekan dari Internet Messege Access Protocol merupakan sebuah metode pengaturan e-mail-e-mail yang Anda terima beserta sistem folderfoldernya di mana e-mail tersebut ditampung dalam sebuah server.

3.INBOX

Inbox merupakan istilah untuk kotak suratelektronik yang menampung pesan-pesan e-mail yang Anda terima. Folder Inbox ini umumnya ada di semua program e-mail client yang ada saat ini, atau juga dalam webmail-webmail yang umum digunakan.

4.JUNK MAIL

Junk mail dapat berarti juga e-mail sampah, yaitu email-email yang dianggap tidak perlu bahkan mengganggu oleh si penerimanya. Biasanya yang termasuk dalam kategori Junk mail bisa berupa email iklan dan promosi, e-mail penipuan, e-mail nyasar, e-mail notifikasi yang tidak perlu, dan banyak lagi.

5.MAILBOX

Istilah Mailbox biasanya digunakan untuk menyatakan sebuah account e-mail dengan kapasitas penampungan tertentu yang dibuat di mail server dari penyedia jasa Internet.

Anonymous said...

selsilawti XI.IPA 2


Signature
Signature atau tanda tangan memiliki arti dan kegunaan yang sama dalam komunikasi e-mail. Signature pada email biasanya berupa identitas pengirim yang harus selalu dituliskan diakhir pesan email. Untuk membuat Anda tidak mengetik berulang-ulang, biasanya disediakanlah fasilitas pembuat signature pada program mail client. Signature dapat dibuat dalam bentuk teks biasa, dalam format HTML atau dalam bentuk file gambar. Setelah signature dibuat, pasangkan pada setiap e-mail yang Anda kirim, maka tidak perlu repot-repot lagi membuatnya pada setiap e-mail.


SMTP
Simple Mail Transfer Protocol merupakan kepanjangan dari SMTP. Fungsinya adalah sebagai protokol yang mengatur pengiriman pesan-pesan e-mail. Jika Anda membuat mail server sendiri untuk melakukan pengiriman, pasti Anda harus mengaktifkan servis SMTP dengan nomor port TCP 25 pada server tersebut. Ketika Anda ingin mengirimkan sebuah pesan e-mail, maka kali pertama yang dilakukan program mail client adalah menghubungi server yang membuka servis SMTP. Setelah komunikasi terjalin, pesane-mail langsung diteruskan ke server
tersebut. Kemudian pada server SMTP, pesan e-mail tersebut akan diteruskan ke alamat yang dituju.


VacationMessege
Pernahkah Anda menerima pesan balasan dari orang yang Anda kirimi e-mail yang menyatakan orang tersebut sedang tidak berada di kantor atau sedang berlibur, atau yang sejenisnya? Jika pernah, maka Anda telah menerima Vacation message dari orang yang Anda kirimi tersebut. Fasilitas ini memang sangat berguna untuk menginformasikan kepada pengirim e-mail bahwa Anda sedang tidak bisa membaca e-mail karena satu dan lain hal. Dengan adanya pesan ini, maka si pengirim tidak perlu menunggu-nunggu balasan e-mail dari si penerimanya.


Web-based E-mail
Jika Anda pernah membuka halaman web mail milik Yahoo! atau Gmail, maka tidak salah lagi halaman tersebut merupakan halaman web khusus untuk melayani Anda untuk mengirim dan menerima email. Web-based e-mail ini memudahkan Anda untuk membaca dan mengirim e-mail karena tidak perlu dilakukan di komputer yang menjalankan program mail client. Di manapun asalkan Anda terkoneksi dengan internet, e-mail-e-mail Anda bisa dibaca dan dikirim melalui account e-mail Anda. Kenali Istilah Kenali Fungsi Karena teknologi e-mail merupakan sebuah teknologi yang boleh dikatakan mengubah gaya hidup manusia modern saat ini dalam berkomunikasi, maka banyak istilah dan fasilitas baru yang muncul. Jika pada proses pengiriman surat biasa tidak ada istilah dan fasilitas ini, maka Anda akan banyak menemukannya di proses pengiriman e-mail. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk Anda mengenal dan mengetahui beberapa istilah-istilah penting yang umum digunakan dalam teknologi e-mail. Keuntungannya adalah Anda menjadi bertambah lancar dan fasih menggunakan e-mail untuk berkomunikas


POP3
POP merupakan kependekan dari Post Office Protocol, sedangkan angka 3 menunjukkan nomor versinya. POP3 merupakan sebuah protokol yang digunakan untuk proses penerimaan email. Jika ingin menarik e-mail dari ISP atau penyedia jasa e-mail ke komputer Anda, maka Anda harus memasukkan alamat server POP3 milik mereka. Servis POP3 umumnya menggunakan port komunikasi TCP 110

Anonymous said...

ade irma suriani XI ipa 2

1. Mail Client
Mail client adalah istilah yang digunakan untuk menyebut sebuah program penarik dan pengirim e-mail yang biasanya harus diinstal dalam PC yang Anda gunakan

2. Outlook
Outlook merupakan nama sebuah program mail client yang ada pada operating system Windows.

3.Preview Pane
Preview pane biasanya berada dalam program mail client seperti Outlook, Evolution, dan banyak lagi. Preview pane adalah sebuah halaman preview yang digunakan untuk membaca pesan e-mail tanpa harus membuka satu halaman baru.

4. SMTP
Simple Mail Transfer Protocol merupakan kepanjangan dari SMTP. Fungsinya adalah sebagai protokol yang mengatur pengiriman pesan-pesan e-mail.

5.IMAP
IMAP kependekan dari Internet Messege Access Protocol merupakan sebuah metode pengaturan e-mail-e-mail yang Anda terima beserta sistem folderfoldernya di mana e-mail tersebut ditampung dalam sebuah server.

sultoni syukri said...

sultoni syukri (XI ipa 2)
1.Distribution List atau Mailing List atau Groups
Ketiga istilah di atas merupakan fasilitas yang memungkinkan Anda membuat sebuah alamat e-mail yang mewakili banyak sekali alamat lain di dalamnya. Dengan demikian, ketika Anda mengirimkan e-mail ke alamat tersebut, maka secara otomatis semua alamat di belakangnya akan menerima e-mail yang sama. Fasilitas ini sangatlah populer di kalangan pengguna Internet sebagai ajang pertukaran informasi antar sesama. Biasanya mailing list dibuat berdasarkan kesamaan interest antar sesama a31h, dan banyak lagi. Fasilitas mailing list atau group banyak tersedia di Internet saat ini. Namun yang paling populer adalah fasilitas dari Yahoo!, yaitu Yahoogroups. Anda dapat menggunakannya secara cuma-cuma dengan mengakses alamat http://groups.yahoo.com.
2.preview pane
Preview pane biasanya berada dalam program mail client seperti Outlook, Evolution, dan banyak lagi. Preview pane adalah sebuah halaman preview yang digunakan untuk membaca pesan e-mail tanpa harus membuka satu halaman baru. Kebanyakan program mail client memungkinkan Anda untuk menonaktifkan halaman preview pane ini.
3.sign out
=keluar dari sebuah akun email.
4.mail transfer agent(MTA)
=Sistem yang bertugas meneruskan
dan menghantarkan pesan email.
5.Privacy policy
Merupakan keterangan secara jelas mengenai semua informasi yang di terima dari user. Keterangan ini berkaitan dengan kerahasiaan data dan juga penggunaan data.
6.header
kepala email.
7.Mailbot: software tertentu yang membalas email secara otomatis.
8.Subscribe: mendaftarkan email kita sebagai peserta mailing list atau newsgroup.
maaf trlambat kirim bu......

arjun rooney said...

Marjuanza XI ipa2


1. Forward
Untuk meneruskan sebuah e-mail ke orang lain, carilah istilah ini pada program e-mail client Anda. Istilah ini memang memiliki arti melakukan penerusan sebuah e-mail ke penerima lain. Jadi, Anda tidak perlu susah-susah mendistribusikan e-mail-e-mail yang telah masuk.
2. Mail Transfer Agent (MTA)
MTA merupakan istilah untuk seperangkat sistem yang terdiri dari server dan program yang bertugas meneruskan atau menghantarkan pesan e-mail. Ketika MTA menerima pesan e-mail dari para penggunanya, pesan tersebut ditampung sementara olehnya untuk dianalisis siapakah penerima dari pesan e-mail ini. MTA akan melakukan dua aksi, menghantarkannya langsung ke mailbox penggunanya (alamat e-mail lokal yang ada dalam server atau jaringan lokal), atau meneruskan ke MTA lain yang menyimpan mailbox dari alamat yang dituju (menjalankan proses routing email).
3. Plain-text Mail
Jika Anda menerima e-mail yang hanya berisikan teks dengan satu jenis font saja tanpa ada gambar atau objek laindi dalamnya, kemungkinan besar Anda telah menerima Plain-text mail, istilah untuk e-mail yang hanya berformat teks saja. Kelebihan dari e-mail jenis ini dapat dikirim dan diterima dengan lebih cepat karena berukuran kecil dan sederhana. Kekurangannya adalah
kurang informatif tanpa gambar dan objek lain di dalamnya.
4.sign up
adalah fasilitas yg di gunakan untuk membuat email baru.
5.sign in
fasilitas yg digunkan untuk masuk ke email yg telah dibuat.
6. sign out
fasiltas yg digunakan untuk keluar dari email yg telah dibuka.

Anonymous said...

1. Exchange Server
Exchange server merupakan sebuah nama program buatan Microsoft yang banyak digunakan untuk membuat sebuah e-mail server.
2. Filters
Merupakan istilah untuk menyaring email- e-mail yang masuk. E-mail yang masuk ke mailbox Anda terkadang perlu untuk disaring agar dapat dibaca dengan lebih nyaman.
3. POP3
POP merupakan kependekan dari Post Office Protocol, sedangkan angka 3 menunjukkan nomor versinya. POP3 merupakan sebuah protokol yang digunakan untuk proses penerimaan email.
4. Vacation Messege
Pernahkah Anda menerima pesan balasan dari orang yang Anda kirimi e-mail yang menyatakan orang tersebut sedang tidak berada di kantor atau sedang berlibur, atau yang sejenisnya? Jika pernah, maka Anda telah menerima Vacation message dari orang yang Anda kirimi tersebut. Fasilitas ini memang sangat berguna untuk menginformasikan kepada pengirim e-mail bahwa Anda sedang tidak bisa membaca e-mail karena satu dan lain hal
5.Bounce (pentalan, mental) yaitu pesan yang dikembalikan kepada pengirim, baik karena alamat email penerima tidak benar atau karena sedang ada masalah konfigurasi di sisi penerima.
6.Bot yaitu software tertentu yang bertindak mewakili orang (dari kata roBOT).
7.Bomb-mail yaitu pengiriman email dalam jumlah yang amat sangat besar/banyak secara sekaligus (biasanya menggunakan program khusus). Dalam dunia internet, perbuatan ini merupakan suatu kejahatan.

Anonymous said...

Wanriana meirani
XI 2 ipa

1. Exchange Server
Exchange server merupakan sebuah nama program buatan Microsoft yang banyak digunakan untuk membuat sebuah e-mail server.
2. Filters
Merupakan istilah untuk menyaring email- e-mail yang masuk. E-mail yang masuk ke mailbox Anda terkadang perlu untuk disaring agar dapat dibaca dengan lebih nyaman.
3. POP3
POP merupakan kependekan dari Post Office Protocol, sedangkan angka 3 menunjukkan nomor versinya. POP3 merupakan sebuah protokol yang digunakan untuk proses penerimaan email.
4. Vacation Messege
Pernahkah Anda menerima pesan balasan dari orang yang Anda kirimi e-mail yang menyatakan orang tersebut sedang tidak berada di kantor atau sedang berlibur, atau yang sejenisnya? Jika pernah, maka Anda telah menerima Vacation message dari orang yang Anda kirimi tersebut. Fasilitas ini memang sangat berguna untuk menginformasikan kepada pengirim e-mail bahwa Anda sedang tidak bisa membaca e-mail karena satu dan lain hal
5.Bounce (pentalan, mental) yaitu pesan yang dikembalikan kepada pengirim, baik karena alamat email penerima tidak benar atau karena sedang ada masalah konfigurasi di sisi penerima.
6.Bot yaitu software tertentu yang bertindak mewakili orang (dari kata roBOT).
7.Bomb-mail yaitu pengiriman email dalam jumlah yang amat sangat besar/banyak secara sekaligus (biasanya menggunakan program khusus). Dalam dunia internet, perbuatan ini merupakan suatu kejahatan.

Post a Comment